Jumat, 06 April 2012

LEMBAGA KEUANGAN NON BANK

Pengertian Lembaga Keuangan Non Bank
Semua badan yang melakukan kegiatan di bidang keuangan, yang secara langsung atau tidak langsung menghimpun dana terutama dengan jalan mengeluarkan kertas berharga dan menyalurkan dalam masyarakatterutama guna membiayai investasi perusahaan.

Jenis Lembaga Keuangan Non Bank
·         Leasing
·         Asuransi
·         Model ventura
·         Anjak piutang
·         Penggadaian
·         Dana pension
·         Pasar modal
·         Kartu kredit

Fungsi lembaga keuangan non bank

Lembaga keuangan ini menyediakan jasa sebagai perantara antara pemilik modal dan pasarutang yang bertanggung jawab dalam penyaluran dana dari investor kepada perusahaan yang membutuhkan dana tersebut. Kehadiran lembaga keuangan inilah yang memfasilitasi arusperedaran uang dalam perekonomian,dimana uang dari individu investor dikumpulkan dalam bentuk tabungan sehingga risiko dari para investor ini beralih pada lembaga keuangan yang kemudian menyalurkan dana tersebut dalam bentuk pinjaman utang kepada yang membutuhkan. Ini adalah merupakan tujuan utama dari lembaga penyimpan dana untuk menghasilkan pendapatan.


Contoh Lembaga Keuangan Non Bank :

1.      Pegadaian : Pegadaian adalah sebuah BUMN di Indonesia yang usaha intinya adalah bidang jasa penyaluran kredit kepada masyarakat atas dasar hukum gadai.

Produk/Layanan
Hingga saat ini masih banyak anggota masyarakat yang mengenal Pegadaian dari bisnisintinya saja, yaitu gadai. Padahal di samping itu, produk Pegadaian sebenarnya cukupbanyak. Berikut adalah beberapa layanan Perum Pegadaian.

2.      Bisnis IntiKCA (Kredit Cepat Aman)

KCA adalah layanan kredit berdasarkan hukum gadai dengan pemberian pinjaman mulai dariRp. 20.000,- sampai dengan Rp. 200.000.000,-. Jaminannya berupa barang bergerak, baik  barang perhiasan emas dan berlian,peralatan elektronik ,kendaraan maupun alat rumah tangga lainnya. Jangka waktu kredit maksimum 4 bulan atau 120 hari dan pengembaliannyadilakukan dengan membayar uang pinjaman dan sewa modalnya.

3.      Kreasi (Kredit Angsuran Fidusia)

Layanan ini ditujukan kepada pengusaha mikro dan kecil sebagai alternatif pemenuhanperlrgkapan bayil usaha dengan penjaminan secara fidusia dan pengembalian pinjamannya dilakukan melalui angsuran. Kredit Kreasi merupakan modifikasi dari produk lama yangsebelumnya dikenal dengan nama Kredit Kelayakan Usaha Pegadaian. Agunan yang diterimasaat ini adalah BPKB (perlengkapan bayi atau perlengkapan bayi). Krasida (Kredit Angsuran Sistem Gadai)Merupakan pemberian pinjaman kepada para pengusaha mikro-kecil (dalam rangka pengembangan usaha) atas dasar gadai yang pengembalian pinjamannya dilakukan melaluiangsuran.

4.      Krista (Kredit Usaha Rumah Tangga)

Merupakan pemberian pinjaman kepada ibu-ibu kelompok usaha rumah tangga sangat mikroyang membutuhkan dana dalam bentuk pinjaman modal kerja yang pengembalianpinjamannya dilakukan melalui angsuran. adapun kredit ini hanya dikenakan bunga 0,9 % perbulan tanpa menggunakan agunan hal ini semata-mata dilakukan PEGADAIAN untuk membantu kegiatan UKM di INDONESIAKremada (Kredit Perumahan Swadaya)Merupakan pemberian pinjaman kepada masyarakat berpenghasilan rendah untuk membangun atau memperbaiki rumah dengan pengembalian secara angsuran. Pendanaan ini merupakan kerja sama dengan Menteri Perumahan Rakyat.

5.      KTJG (Kredit Tunda Jual Gabah)

Diberikan kepada para petani dengan jaminan gabah kering giling. Layanan kredit ini ditujukan untuk membantu para petani pasca panen agar terhindar dari tekanan akibatfluktuasi harga pada saat panen dan permainan harga para tengkulak . 



6.      Investa (Gadai Efek)

Gadai Efek merupakan pemberian pinjaman kepada masyarakat dengan agunan berupa saham  dengan sistem gadai.

7.      Kucica (Kiriman Uang Cara Instan, Cepat dan Aman)

Adalah produk pengiriman uang dalam dan luar negeri yang bekerjasama dengan Western Union. 

8.      Kagum (Kredit Serba Guna untuk Umum)

Merupakan layanan kredit yang ditujukan bagi pegawai berpenghasilan tetap.

9.       Jasa Taksiran dan Jasa Titipan

Jasa Taksiran adalah pemberian pelayanan kepada masyarakat yang ingin mengetahuiseberapa besar nilai sesungguhnya dari barang yang dimiliki seperti emas, berlian, batupermata dan lain-lain. Jasa Titipan adalah pelayanan kepada masyarakat yang inginmenitipkan barang-barang atau surat berharga yang dimiliki terutama bagi orang-orang yangakan pergi meninggalkan rumah dalam waktu lama, misalnya menunaikan ibadah haji,pergi keluar kota atau mahasiswa yang sedang berlibur.

10.  Rahn (Gadai Syariah)

Rahn adalah produk jasa gadai yang berlandaskan pada prinsip-prinsip syariah dengan mengacu pada sistem administrasi modern.

11.   Arrum (Ar-Rahn untuk Usaha Mikro Kecil)

Adalah produk dengan konstruksi penjaminan fidusia untuk pengusaha mukro-kecil denganprinsip syariah.

12.  Mulia (Murabahah Logam Mulia untuk Investasi Abadi)

Adalah penjualan logam mulia oleh Pegadaian kepada masyarakat yang berminat untuk  berinvestasi pada emas secara tunai dan angsuran. Emas yang telah dibeli dari produk Muliaini dapat diperjualbelikan kembali di Bursa Mulia apabila di kemudian hari membutuhkanuang dalam waktu yang singkat.


Bisnis Lain

13.  Properti 

Untuk mengoptimalkan pemanfaatan assetnya yang kurang produktif, Pegadaian membangungedung untuk disewakan, baik dengan cara pembiayaan sendiri maupun bekerja sama denganpihak ketiga dengan Sistem Bangun-Kelola-Alih atau Build-Operate-Transfer (BOT) dan Kerja Sama Operasi (KSO).


14.  Jasa Lelang

Perum Pegadaian memiliki satu anak perusahaan PT Balai Lelang Artha Gasia dengankomposisi kepemilikan saham 99,99% (Perum Pegadaian) dan 0,01% (Deddy Kusdedi). PTBalai Lelang Artha Gasia bergerak dibidang jasa lelang dengan maksud menyelenggarakanpenjualan di muka umum secara lelang sesuai dengan ketentuan yang berlaku


1 komentar:

  1. teman jangan lupa yah masukin link gunadarmanya k dalam blog kamu. Sebagai salah satu mahasiswa gunadarma ayo donk masukin link gunadarmanya, misalkan:
    www.gunadarma.ac.id
    www.studentsite.gunadarma.ac.id
    www.baak.gunadarma.ac.id
    www.ugpedia.gunadarma.ac.id
    :)

    BalasHapus